FAQ e-Learning PLN

 

1. Question:
Dari mana saya mendapatkan akun login ke portal e-Learning?

Jawab :
Akun untuk login ke portal e-Learning akan dikirimkan oleh admin e-Learning ke email masing-masing peserta Diklat sebelum pelaksanaan pembelajaran e-Learning dimulai (paling lambat H-2).

2. Question:
Bagimana jika pada saat mulai pembelajaran e-Learning saya belum mendapatkan email perihal akun login ke portal e-Learning?

Jawab :
Apabila belum mendapatkan email sampai dengan tanggal mulai pembelajaran e-Learning, kemungkinan email yang dikirim oleh admin e-Learning Undelivered (yang disebabkan karena email peserta tidak valid, mailbox email penuh), untuk itu segera hubungi Learning Unit/Udiklat penyelenggara.

 

3. Question:
Setelah mendapatkan akun login, kapan saya boleh login ke portal e-Learning
?

Jawab :
Peserta pembelajaran baru boleh login pada pukul 08.00 WIB saat tanggal mulai pembelajaran.

 

4. Question:
Mengapa setelah saya login tidak muncul fitur-fitur e-Learning sesuai dengan manual penggunaan portal e-Learning
?

Jawab :
Hal itu disebabkan Fasilitator/Instruktur belum membuka Fitur-fitur tersebut, apabila sampai dengan tanggal mulai pembelajaran masih belum muncul fitur-fitur tersebut, segera hubungi Fasilitator/Instruktur melalui email, SMS, telepon sebagaimana yang tertera pada email pemberitahuan account yang sudah dikirimkan kepada masing-masing peserta

 

5. Question:
Apa yang harus saya lakukan setelah saya login ke portal e-Learning?

Jawab :
Setelah login, peserta pembelajaran e-Learning mulai aktif belajar dengan mengakses fitur-fitur e-Learning yang tersedia. Peserta dapat mengakses Bahan Tayang pada fitur Learningpath, mengunduh Handout pada fitur Materi, berinteraksi dengan Fasilitator melalui fitur Chat, Forum, Dropbox serta membaca pengumuman yang diberikan oleh Fasilitator. Selain itu peserta juga harus mengerjakan tugas yang diberikan oleh Fasilitator. Panduan penggunaan portal e-Learning secara lengkap dapat dilihat melalui link : Manual Penggunaan Portal e-Learning

 

6. Question:
Mengapa fitur Test tidak muncul?, kapan Post Test dilaksanakan?

Jawab :
Fitur Test akan muncul pada saat Post Test, pada hari dan jam yang telah ditetapkan dan diumumkan oleh Fasilitator/Instruktur pada fitur Pengumuman.

 

7. Question:
Mengapa ketika saya akses ke https://elearning.pln-pusdiklat.co.id atau http://10.10.0.24 selalu muncul peringatan security
(keamanan) bahwa situs yang dikunjungi kemungkinan berbahaya ?

Jawab :
Hal itu karena portal e-Learning PLN menggunakan protokol HTTPS dengan akses SSL (Secure Service Layer) sehingga pengguna portal diwajibkan untuk menyimpan certificate SSL portale-Learning PLN pada browsernya masing-masing.
Untuk mengatur konfigurasi SSL pada browser dapat dilakukan dengan cara sbb :

a. Untuk browser Firefox Mozilla

  • Setelah muncul peringatan (notifikasi) klik tombol “I Understand the risks”

4

  • Setelah diklik maka akan muncul notifikasi yang menampilkan tombol “Add Exception” yang menunjukan Anda yakin dengan exception dari SSLĀ  e-Learning PLN. Klik tombol tersebut

 6

  • Kemudian setelah itu muncul lagi notifikasi untuk memastikan exception yang dipilih. Pilih “Confirm Security Exception”

8


  • Setelah berhasil muncul halaman depan portal e-Learning PLN

9

 

b. Untuk browser Google Chrome

  • Ketika masuk dan muncul peringat sebagai gambar di bawah ini, klik tombol “Procedd Anyway”

 12


  • Setelah diklik, maka browser akan meneruskan halaman browser Google Chrome pada halaman depan portal e-Learning PLN

13

 

 

b. Untuk browser Internet Explorer (IE)

  • Setelah memasukan alamat https://elearning.pln-pusdiklat.co.id dan muncul halaman sbb, maka berikutnya yang perlu dilakukan adalah klik tombol “Continue to this website (not recommended)”

11


  • Setelah diklik, maka akan muncul halaman depan e-Learning yang diakses dari Internet Explorer

11

 

 

8. Question:
Mengapa ketika saya klik fitur Learning Path, browser saya tidak bisa menampilkan materi tayang ?

Jawab : Hal ini dikarenakan browser Anda tidak memiliki plugin Flash (shockwave flash) yang terbaru. Untuk itu Anda dapat mengunduh flash player terbaru untuk browser dengan cara sbb :

  • Klik fitur “Learning Path”. Pada bagian bawah materi tayang ada keterangan link untuk mengunduh flash player untuk browser Anda.

11

  • Kemudian anda akan diarahkan ke alamat website Adobe untuk mengunduh flash player terbaru

 

9. Question:
Mengapa pada saat saya mengerjakan Post Test dan setelah klik tombol submit, tiba-tiba halaman post test saya menjadi logout dan muncul notifikasi bahwa saya diharuskan login lagi ?

Jawab :
Hal ini dikarenakan batas waktu pengisian jawaban Anda melebihi batas waktu yang ditentukan. Oleh karena itu diharapkan Siswa dapat mengerjakan Post Test dengan cepat dan sesuai batas waktu pengerjaan.

 

 

10. Question:
Mengapa ketika mengisikan Post Test untuk soal Essay fungsi tombol Copy - Paste tidak dapat digunakan ?

Jawab :
Hal itu disebabkan pada saat pengerjaan Post Test, Siswa tidak diperkenankan untuk menyalin (copy-paste) bahan tayang atau handout. Peserta diharapkan dapat mengerjakan soal sebagaimana pemahamannya akan materi pembelajaran.